Visi Misi dan Program


Visi:
Mendidik Siswa Menjadi Sosok yang Bersosialisasi, Gemar Membaca, Dan Gemar Menulis
Misi:
1. Membuat wadah sosialisasi siswa di media sosial (facebook, blog, emai, twuiter)

2. Memperkenalkan buku yang menarik pada siswa secara lisan maupun di media sosial.
3. Memperkenalkan pada siswa seperti apa dunia tulis menulis
4. Mengajak siswa untuk menulis karya fiksi dan non fiksi
5. Menjadi sahabat bagi siswa untuk bediskusi
6. Memberi kenyamanan fasilitas pada siswa agar nyaman berada di perpustakaan


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sarana sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Keberadaan perpustakaan di sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa. Dengan meningkatnya minat baca siswa, diharapkan siswa dapat menjadi pelajar yang berwawasan melalui bahan bacaan yang disediakan di sekolah.
Pada kenyataannya, dewasa ini perpustakaan di sekolah hanya menjadi pajangan saja. Siswa kurang berminat untuk berkunjung ke perpustakaan. Keadaan seperti ini disebabkan oleh kurangnya minat baca siswa. Oleh karena itu, perpustakaan SMA SDI Silungkang berupaya untuk melakukan berbagai terobosan untuk memunculkan kembali minat baca siswa, khususnya siswa SMA SDI Silungkang. Adapun terobosan yang akan dilakukan adalah:
1.      Menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman, sehingga siswa merasa nyaman dan betah berada di perpustakaan.
2.      Memfasilitasi ruang perpustakaan sesuai dengan kriteria perpustakaan secara umum.
3.      Pada akhir semester memberikan penghargaan pada siswa yang rajin berkunjung ke perpustakaan.
4.      Mengupayakan penambahan koleksi di perpustakaan baik buku maupun audiovisual.
B.       Tujuan
Perpustakaan yang digerakkan di SMA SDI Silungkang bertujuan untuk:
1.       Menarik minat baca siswa.
2.      Menjadikan perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan.
3.      Mencerdaskan siswa dengan buku maupun audiovisual yang akan disediakan.
C. Sasaran
Adapun yang menjadi sasaran pada program kerja perpustakaan ini adalah:
1.    Siswa
2.    Guru
3.    Tata Usaha
BAB II
PROGRAM KERJA

            Pada program kerja ini ada tiga tahap yang akan dikemukakan, yaitu:
A.      PERSIAPAN
Pada tahap persiapan yang telah dilaksanakan adalah:
1.      Melakukan perbaikan ruangan.
2.      Melakukan perbaikan buku yang rusak.
3.      Melakukan pengelompokan buku.
4.      Melakukan penataan ruangan.
5.      Mendata buku yang ada di perpustakaan sekolah.
6.      Membuat nomor buku dan label pada buku yang telah diklasifikasikan.
7.      Memasang nomor dan label buku.
8.      Menata buku dalam rak dan lemari yang telah disediakan.
9.      Menyiapkan buku pinjaman harian, mingguan, bulanan, dan buku cerita.
10.  Menyediakan buku data kunjungan perpustakaan.
B.       PELAKSANAAN
Pada program kerja yang telah direncanakan, maka pada tahun 2015, akan dilakukan pelaksanaan kerja sebagai berikut ini.
1.      Perawatan buku secara berkala.
2.      Melayani siswa yang berkunjung ke perpustakaan dengan ramah.
3.      Melaksanakan program bedah buku oleh siswa dan didampingi oleh petugas perpustakaan.
4.      Mengawasi tahapan peminjaman dan pengembalian buku.
5.      Memberikan kartu bebas pustaka di akhir semester.
6.      Memberikan penghargaan pada siswa yang mengikuti program bedah buku dan menciptakan karya bedah buku yang bermutu.
C.      PERENCANAAN FASILITAS
Perpustakaan sekolah  ini merupakan perpustakaan yang sedang berada pada proses melengkapi fasilitas. Perihal itu berarti fasilitas perpustakaan sekolah masih kurang memadai. Oleh karena itu, sekolah berupaya untuk mengantisipasi masalah ini. Adapun fasilitas yang direncanakan adalah sebagai berikut ini.
1.      Melengkapi buku pelajaran yang dibutuhkan siswa.
2.      Menambah koleksi buku cerita.
3.      Menyediakan fasilitas audiovisual.


BAB III
PENUTUP


A.      KESIMPULAN
Demikian program kerja perpustakaan SMA SDI Silungkang. Semoga kedepannya perpustakaan sekolah ini mampu menciptakan budaya membaca di sekolah. Kami berupaya menjadikan perpustakaan yang dulunya diibaratkan gudang tempat menyimpn buku, menjadi supermarket yang banyak dikunjungi siswa untuk mencari buku yang mereka butuhkan.

B.       Saran
Sarana dan prasarana di SMA SDI Silungkang masih perlu dilengkapi lagi. Sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan lengkap bahan bacaannya.



TATA TERTIP PERPUSTAKAAN
SMA SDI SILUNGKANG

A.    KETENTUAN UMUM
1.      Perpustakaan dibuka tiap hari kerja.
Senin s/d Kamis Jam: 07.30 – 15.30
Jumat                 Jam  : 07.30 – 11.30
 Sabtu                Jam  : 07.30 – 13.00
2.      Pelayanan peminjaman dilakukan oleh pengelola perpustakaan.

B.     KETENTUAN KHUSUS
1.      Tata tertip memasuki ruangan.
a.       Masuk ruangan perpustakaan harus sopan dan berpakaian rapi.
b.      Masuk ruangan perpustakaan mengisi buku kunjungan.
c.       Masuk ruangan perpustakaan dilarang membawa tas atau buku cetak.

2.      Tata tertip di dalam ruangan
a.       Dilarang meribut.
b.      Dilarang merokok.
c.       Dilarang membawa makanan.
d.      Pengunjung harus menjaga kebersihan ruangan.
e.       Ambillah buku dengan tertip dan kembalikan ke tempat semula setelah dibaca.
f.       Buku atau majalah jangan dirobek.

3. Tata tertip meninggalkan ruangan
a. Dilarang membawa buku atau sumber lainnya keluar dari perpustakaan tanpa proses peminjaman.
b. Keluar perpustakaan dengan tertip dan sopan.

4. Tata tertip peminjaman buku.
a. Peminjaman buku harus melalui petugas maupun pengelola perpustakaan.
b. Lama peminjaman menurut jenis buku:
a) Buku paket selama 1 (satu) semester dikembalikan sebelum menerima lapor.
b) Selain dari buku paket lama peminjaman selama 1 (satu) minggu.
c) Peminjaman buku cerita selama 3 (tiga) hari, jika terlambat maka akan didenda.
c.   Jumlah buku yang dipinjam
a)      Buku paket maksimal sebanyak buku pelajaran.
b)      Selain buku paket maksimal 2  (dua) buah.

d.      Jika ada buku yang di photo copy harus seizin petugas.
e.       Jika buku hilang atau rusak harus diganti dengan buku sejenisnya atau uang senilai buku tersebut.
f.       Terlambat mengembalikan buku satu hari maka akan di denda Rp. 1000,- satu buku.
g.      Peminjam yang belum membayar denda tidak boleh meminjam buku.
h.      Peminjaman buku persemester dikenai biaya Rp. 1000,- perbuku. Bila buku rusak atau hilang siswa wajib mengganti buku tersebut.

                                                                                                           


Silungkang, 22 Januari 2015
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                                  Pengelola Perpustakaan




Drs. Tasnim                                                                                       Nella Novriyanti Saputri, S.Pd.
NIP. 19650926 200012 1 001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar